Jumat, 23 Desember 2011

Aung San Suu Kyi Resmi Daftarkan Partainya

Ikon demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi, mendatangi komisi pemilihan umum untuk mendaftarkan partainya guna mengikuti pemilu. Suu Kyi mendaftarkan Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang dipimpinnya pada hari Jumat (23/12). Hal ini menunjukan bahwa Suu Kyi telah bersiap untuk kembali ke kancah politik Myanmar.

"Mereka telah mendaftarkan partai mereka," kata salah satu pejabat komisi pemilihan seperti dikutip AFP(Minggu, 23/12).

Setelah mendaftarkan partainya,peraih Hadiah Nobel tersebut untuk kali pertamanya berkunjung ke parlemen Myanmar dan mengadakan pertemuan dengan Ketua Majelis Rendah Shwe Mann yang juga merupakan salah satu petinggi junta militer. Shwe Mann menyambut kedatangan Suu Kyi ini dengan baik dan berencana untuk bekerja sama dengan partai Suu Kyi dalam menjalin sebuah kekuatan politik di Myanmar.

"Kita harus bekerja sama karena persatuan adalah kekuatan," kata Shwe Mann.

Hingga kini, Burma belum mengeluarkan jadwal pemilihan umum tetapi Ketua Komisi Pemilihan, Tin Aye, telah mengatakan bahwa pemerintah akan mengumumkan tanggal pemilu tiga bulan sebelum pemilihan sela. Pemilihan sela adalah sebuah pemilu khusus yang diadakan untuk mengisi sebuah jabatan politik yang kosong di antara masa pemilihan umum.

Sementara itu, jurubicara NLD, Nyan Win, menyatakan bahwa partainya akan memperebutkan semua kursi yang kosong dalam pemilihan sela.-RMOL


Tidak ada komentar:

Posting Komentar