Kamis, 22 Desember 2011

Bos Al Qaeda Ini Dihargai Rp90 Miliar oleh AS

Amerika Serikat berjanji memberikan hadiah uang sebesar US$10 juta atau sekitar Rp90 miliar untuk siapapun yang memberikan informasi terkait keberadaan anggota Al-Qaeda, Yasin al-Suri, sehingga pria itu bisa ditangkap. Yasin al-Suri diduga sebagai fasilitator dan penyandang dana utama jaringan yang pernah dipimpin oleh Osama bin Laden itu.

AS menuding Yasin mengoperasikan jaringan teroris di Suriah dari Iran. Yasin telah menjalankan operasinya dari perbatasan Iran sedjak 2005.

Pejabat AS, Robert Hartung menyatakan ini merupakan penyandang dana teroris yang menjadi target pertama. "Dia bekerja untuk jaringan teroris Al Qaeda yang dibantu pemerintah Iran," kata Hartung seperti dilansirReuters. "Sebagai kunci pencari dana untuk jaringan Al Qaeda, dia berbahaya untuk kepentingan Amerika Serikat."

Dia menambahkan al-Suri yang mempunyai nama alias Ezedin Abdel Aziz Khalil beroperasi atas perjanjian antara Al Qaeda dengan pemerintah Iran. Menyalurkan uang dan merekrut anggota di Iran dan menyalurkaannya ke beberapa negara, khususnya Afganistan, Pakistan, dan Irak.

Hartung menambahkan, sejak 1984, AS telah membayar sekitar US100 juta untuk hadiah dalam program hukum, yang diberikan kepada 70 orang lebih yang memberikan informasi kredibel yang bisa mencegah atau membawa para tersangka teroris ke pengadilan.-VIVAnews


Tidak ada komentar:

Posting Komentar