Minggu, 29 Januari 2012

Kemas Danial, Penentu Keberhasilan Dana Bergulir

Meski baru seumur jagung, Lembaga Pengelola Dana Bergulir-Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) berhasil membawa pencerahan atas kemandirian bangsa. Pengentasan kemiskinan makin mudah akibat langkah efektif lembaga yang resmi berdiri pada 2006 ini.

Direktur Utama (Dirut) LPDB-KUMKM Kemas Danial adalah tokoh penentu keberhasilan ini. Hingga 2011, penyaluran dana permodalan dan pembiayaan mencapai sebesar Rp1,24 triliun sejak mulai beroperasi pada 2008. Ada 159.283 lembaga mitra usaha seperti koperasi primer, koperasi sekunder, perusahaan modal ventura, dan bank.

LPDB, lembaga di bawah kendali Kementerian Koperasi dan UKM ini punya kolektibilitas kredit atau non performing loan (NPL) rendah. Tak sampai 0,5 persen. Dan Kemas, sebagai orang nomor satu di lembaga itu, menjaga tingkat NPL sebagai prioritas utama. Berbagai cara dilakukan lelaki berusia 54 tahun ini. Salah satunya dengan membentuk nota kesepahaman bersama berbentuk memorandum of understandin (MoU) dengan Dinas Koperasi dan UKM seluruh Indonesia. Termasuk, MoU dengan Kejaksaan melalui agenda pakta integritas.
Dengan kehadiran program LPDB-KUMKM maka kualitas hidup rakyat Indonesia makin baik. Pun secara kuantitas. Implikasi akhir untuk mengurangi angka kemiskinan dan jumlah pengangguran nasional tercapai untuk masa yang jauh ke depan.

Pria kelahiran kepulauan Bangka Belitung, pada 28 Maret 1957 ini memiliki motto berjuang untuk rakyat sebagai amal. Hingga kini, Ia masih semangat mengucurkan keringat menuntaskan pembangunan. Baginya, episode kemandirian bangsa sudah dimulai.

Itulah beberapa alasan mengapa Rakyat Merdeka Online memberi Inspiration Award kepada Kemas Danial dalam acara Malam Budaya Rakyat Merdeka di Balai Sudirman, Jakarta, Minggu malam (29/1).-RMOL


Tidak ada komentar:

Posting Komentar