Selasa, 31 Januari 2012

Kisah Bocah-bocah Kembar Parasit

Kejadian kembar parasit merupakan salah satu fenomena yang cukup langka dalam dunia kedokteran. Kasus ini terjadi bila selama dalam rahim ibu, salah satu bayi kembar siam menyerap saudaranya ke dalam tubuhnya.

Ada janin bayi yang keseluruhan tubuhnya berada dalam tubuh saudaranya, ada pula yang berada di luar. Sehingga dari luar, si anak yang hidup tampak memiliki kaki dan tangan banyak.

Dunia kedokteran mencatat kondisi ini terjadi di setiap 500 ribu kelahiran hidup. Berikut beberapa kejadian kembar parasit di sleuruh dunia:

Peru
Para dokter di Peru menemukan adanya "kembar parasit" dalam perut seorang bocah tiga tahun. Dr Astocondor Carlos dari tim medis di Rumah Sakit Las Mercedes di Chiclayo utara mengatakan, bayi parasit dalam tubuh bocah ini telah terbentuk sebagian, memiliki ukuran panjang sembilan inci dan berat setengah kilogram.

Dr Astocondor mengatakan otak, jantung, paru-paru dan usus janin tidak pernah berkembang sepenuhnya dan diserap oleh janin lainnya dalam rahim ibu. Janin yang berada dalam tubuh saudaranya ini juga memiliki rambut, tempurung kepala, mata dan beberapa tulang.

India
Deepak Kumar Paswan, seorang anak tujuh tahun asal Bihar India memiliki delapan tungkai, empat diantaranya menyembul dari perutnya. Keanehan di tubuhnya membuatnya dianggap reinkarnasi Dewa Wisnu.

Berkat sebuah operasi pada Mei 2010, dokter mengangkat tungkai parasit tersebut dari tubuhnya.

Selain Deepak, kasus ini juga terjadi pada Laksmi Tatma, gadis kecil asal Bihar yang terlahir dengan empat lengan dan empat kaki. Laksmi berhasil dioperasi pada 2008. Sebelum dioperasi, Laksmi Tatma dianggap bocah langka reinkarnasi dewi.

China
Seorang anak asal China berusia satu tahun juga didiagnosis 'hamil' saudara kembarnya. Lewat sebuah prosedur bedah, sang kembar siam diangkat dari perut saudaranya dan balita perempuan ini pun tumbuh normal.

Indonesia
Seorang bayi asal Kupang NTT, Yovansa Frenando juga mengalami kembar parasit. Pada 2008, Jovansa menjalani operasi pemisahannya di RSU Soetomo Surabaya.

Bayi pasangan Yosep dan Yenny Elik ini lahir pada 19 Juni 2008 sebelum akhirnya dirujuk ke Surabaya. Sebulan kemudian, dia menjalani operasi pemisahan.-VIVAnews


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar