Selasa, 21 Februari 2012

PACPad, Tablet Android Buatan Tentara Pakistan

Militer Pakistan selama ini dikenal ikut menjalani bisnis tanah, pabrik tepung dan gula, hotel, agen perjalanan, bahkan makanan sereal. Kali ini, Angkatan Udara Pakistan memperluas sayap bisnis dengan memproduksi komputer tablet.

Seperti dikutip dari Associated Press, Senin (20/2/2012), tablet ini diberi nama PACPad, yang berjalan dengan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread dan memiliki bentang layar 7 inci dengan resolusi HD. Kata PAC merupakan singkatan dari Pakistan Aeronautical Complex.

Ide awal pembuatan PACPad bermula ketika militer sedang tidak bekerja membantu pertahanan. Seorang insinyur akhirnya merakit PACPad di Kamra, sebelah utara Pakistan.

Tablet yang hardware-nya didatangkan dari China ini dijual dengan harga 200 dollar AS. PACPad pun diberi garansi selama 1 tahun.

Langkah ini, praktis menuai pro dan kontra dari masyarakat Pakistan. Para pendukung militer mengatakan teknologi tersebut akan meningkatkan perekonomian serta harga diri bangsa agar dapat bersaing dengan negara tetangga, India.

Dalam website resmi PACPad, tertulis tujuan dibuatnya ialah untuk "memperkuat perekonomian nasional melalui komersialisasi."

Kepala Asosiasi Rumah Software Pakistan, Jehan Ara, termasuk salah seorang yang memprotes langkah militer ini. "Meski PACPad terjual miliaran unit, saya tidak bisa memahami alasan militer memproduksinya. Angkatan Udara seharusnya melindungi ruang udara dan perbatasan negara ini," kata Jehan. - Kompas



Tidak ada komentar:

Posting Komentar