Kamis, 01 Maret 2012

Gedung Putih Ngaku Tak Punya Bukti Nuklir Iran

Amerika Serikat (AS) me­ngakui bahwa pihaknya tidak memiliki bukti pasti Iran se­dang me­ngem­bangkan senjata nuklir. AS beralasan tekanan­nya ke Iran guna menghen­tikan ak­tivitas nuklirnya.

Pemerintah Iran selama ini bersikeras bahwa program nuk­lirnya semata-mata untuk tu­juan damai, yakni sebagai pembangkit energi listrik. Iran membantah bahwa mereka berencana mengembangkan senjata nuklir.

“Kami terus meningkatkan tekanan terhadap Teheran. Ku­rangnya bukti tentang sen­jata nuklir Iran telah mem­be­rikan AS waktu dan kebebasan untuk meneruskan kebijakan yang telah kami terapkan sejak Pre­siden (Barack Obama-red) mu­lai menjabat,” kata juru bicara Gedung putih Jay Carney.

Kebijakan-kebijakan ter­sebut telah difokuskan pada isolasi Iran, salah satunya le­wat sanksi-sanksi ekonomi, sampai pemerintah Iran meng­hentikan program nuklirnya.

Presiden Iran Mahmoud Ah­ma­dinejad tetap bersikeras me­lanjutkan prog­ram nu­klir negara tersebut. Na­mun Ah­madinejad telah mengi­rim­kan para nego­siator untuk mem­bahas masalah tersebut dengan ne­gara-negara Barat. -RMOL


Tidak ada komentar:

Posting Komentar