Jumat, 23 Desember 2011

2012, Telkom Bangun Gedung 50 Lantai

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) akan membangun gedung sekitar 40-50 lantai yang akan digunakan sebagai perkantoran bagi anak-anak usahanya. Pembangunan gedung ini akan dilakukan oleh anak usaha di bidang properti dan yayasan milik Telkom pada 2012.

"Gedung itu dibangunnya disini (sebelah kantor pusat Telkom). Kan anak-anak perusahaan kami banyak yang pencar-pencar, lantainya mungkin 40-50 di sini," kata Direktur Utama Telkom, Rinaldy Firmansyah, ketika berbincang denganVIVAnews, di kantornya, Jakarta, Jumat, 23 Desember 2011.

Rinaldy mengaku tidak mengetahui jumlah investasi yang akan ditanamkan untuk pembangunan pusat perkantoran Telkom tersebut. Sebab, seluruh perencanaan berada di anak perusahaannya.

"Jangan tanya saya, nanti perusahaan propertinya, Graha Sarana Duta yang mengurus properti," kata dia.

Diakui Rinaldi, pembangunan gedung 50 lantai tersebut memang membutuhkan waktu terutama dalam proses persiapannya. Namun, Telkom memperkirakan proses pemancangan tiang (ground breaking) akan dilakukan pada 2012 mendatang. "Perlu waktu, butuh beberapa waktu, 2012 bisa ground breaking," kata dia.

Nantinya, lanjut Rinaldy, gedung itu akan digunakan untuk delapan anak perusahaan Telkom dan divisi Telkom yang selama ini masih menyewa di kantor lain.

"Mayoritas untuk kami sendiri, kalau sisanya nanti akan disewakan. Tapi kayaknya tidak, soalnya divisi-divisi kami banyak yang menyewa di tempat lain," ujarnya.

Sebelumnya, anak usaha Telkom di bidang properti dan yayasan milik Telkom berencana untuk membangun gedung baru Telkom di kawasan Gatot Subroto, Jakarta. Sementara kontraktor yang ditunjuk, PT Graha Sarana Duta, merupakan perusahaan properti terpadu yang dimiliki oleh Telkom pada 2001 dengan porsi kepemilikan 99,9 persen.

Saat ini, Graha Sarana Duta memiliki cakupan wilayah kerja di seluruh Indonesia dan mengelola gedung-gedung perusahaan Telkom Group seperti gedung PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Telkomsel, PT Infomedia, dan PT Metra.

Selain itu, perusahaan juga mengelola 106 lokasi gedung lain yang dimilikinya di luar Telkom Group seperti perkantoran, apartemen, mal, dan bandara, baik secara keseluruhan maupun parsial.-VIVAnews


Tidak ada komentar:

Posting Komentar