Kamis, 19 April 2012

"Pejabat Adalah Pelayan Sejati Rakyat"

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-il yang meninggal dunia pada Sabtu (17/12/2011), tampil di depan publik untuk kali terakhir adalah di supermarket di Pyongyang, Kamis (15/12/2011), menurut surat kabar Korea SelatanChosun Ilbo.

Dalam sebuah foto yang dilaporkan diambil pada kunjungan itu, Kim tampak menuruni eskalator di supermarket yang menurut Chosun Ilbo merupakan supermarket pertama di Utara.

Harian itu mengatakan, kunjungan itulah yang dirujuk media pemerintah sebagai bagian dari "tur pengarahan lapangan" terakhir yang dilakukan pemimpin berusia 69 tahun itu.


Dalam foto itu tampak bahwa sang putra mahkota, Kim Jong-un berada dalam rombongan tersebut. Begitu juga dengan adik Kim Jong-Il, Kim Kyong-hui berdiri tepat di belakang sang pemimpin. Sementara suaminya Jang Song-thaek berdiri dua baris di belakang Jong-un.

Kantor berita pemerintah Korean Central News Agency (KCNA) menyebut, supermarket itu sebelumnya merupakan department store yang "direnovasi atas inisiatif dan perhatian yang ditunjukkan oleh Kim Jong-il kepada kesejahteraan rakyat dan peningkatan standard hidup mereka."

Menurut KCNA, Kim mengunjungi supermarket itu dan melihat-lihat produk-produk yang dijual serta rencana penjualan. "Ini merupakan kehendak dan itikad yang kuat dari Partai untuk menyediakan yang terbaik bagi rakyat," ujar Kim seperti dikutip KCNA.

"Para pejabat harus menjadi pelayan sejati bagi rakyat, yang menyediakan barang-barang bagus bagi mereka (pejabat) dan mengkhawatirkan kehidupan mereka ketimbang hal-hal lain," kata Kim.-KOMPAS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar