Sabtu, 21 April 2012

Anis Matta Usul Anggaran DPR Berbasis Individu


Wakil Ketua DPR Anis Matta menilai sudah saatnya penganggaran di DPR berbasis individu. Dengan demikian setiap anggota DPR mempertanggungjawabkan anggaran masing-masing.

"Sudah saatnya anggota DPR berbasis individu sehingga pertanggungjawabannya individual. Dengan demikian lebih efektif, hemat anggaran, dan bisa dipertanggungjawabkan masing-masing," usul Anis.

Hal ini disampaikan Anis menyikapi banyaknya kritik publik terhadap besarnya anggaran DPR. Hal ini disampaikan Anis kepada detikcom, Kamis (22/12/2011).


Nantinya, menurut Anis, masing-masing anggota DPR bekerja sendiri. Kemana pun mereka pergi, mereka akan mempertanggungjawabkan anggaran yang dipakai secara mandiri.

"Sehingga kunker luar negeri tidak bergerombol tapi individu-individu. Pertanggungjawaban seperti itu bersifat individual dan kinerja individual sebab dewan berbeda dengan eksekutif. Jadi budget bukan kolektif tapi individual,"paparnya.

Namun ide ini tak bisa dijalankan pada tahun depan karena APBN 2012 sudah terlanjur diketok dengan model anggaran kolektif seperti tahun sebelumnya.

"Ya mungkin bisa dilaksanakan untuk tahun anggaran 2013," paparnya.

Anggaran DPR pada tahun 2011 diperkirakan mencapai Rp 251 miliar. Sedangkan anggaran tugas pimpinan DPR pada tahun 2011 mencapai Rp 48 miliar. DPR mengklaim anggaran sebesar itu tak habis terpakai.-detik News


Tidak ada komentar:

Posting Komentar