Kamis, 19 April 2012

Gila, 205.000 Unit Mobil Terjual di Dunia Setiap Hari

Penjualan mobil baru di seluruh dunia sepanjang 2011 diprediksi menyentuh total 75 juta unit. Kalau dirata-rata, setiap harinya terjual 205.000 unit. Kesimpulan ini hasil perhitungan tiga lembaga otomotif kenamaan, IHS Automotive, LMC Automotive dan JD. Power Automotive Forecasting.

Jumlah itu didapat setelah mempertimbangkan dampak krisis keuangan yang tengah melanda Eropa dan Amerika Serikat. Juga tak ketinggalan gangguan produksi otomotif di seluruh dunia akibat bencana alam di Jepang dan Thailand.


Penyumbang terbesar dari 75 juta unit, yakni Amerika Serikat memberi kontribusi 12,8 juta dan China yang paling tinggi 19juta unit. Untuk tahun depan, pasar di Amerika diperkirakan naik menjadi 13,6 juta unit.

Ketiga lembaga tersebut di atas memprediksi pertumbuhan pasar otomotif dunia masih berlanjut tahun depan ke arah 78-79 juta unit. Meski krisis Eropa terus berlanjut dan bisa mempengaruhi stabilitas perekonomian dunia. Satu hal yang hampir pasti, pasar mobil di Eropa akan turun sekitar 5 persen pada 2012 karena sejumlah pabrikanmengencangkan ikat pinggang menekan efisien.-KOMPAS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar