Selasa, 31 Januari 2012

Segelas Susu Sehari Untuk Kinerja Otak Lebih Baik

Sejak dulu susu dikenal sebagai sumber nutrisi alami. Bermanfaat bagi kesehatan tulang hingga mencukupi kebutuhan protein harian. Baru-baru ini, para ilmuwan menemukan satu lagi kebaikan susu, yaitu menguatkan daya ingat.

Peneliti dari University of Maine, Amerika Serikat, melakukan survei terhadap 972 pria dan wanita berumur 23-98 tahun. Mereka diminta mengisi rincian tentang makanan, termasuk seberapa sering mereka mengonsumsi produk berbahan susu walau hanya sebagai campuran teh atau kopi. Setelah itu mereka mengikuti serangkaian tes konsentrasi, ingatan, dan kemampuan belajar.

Hasilnya, orang dewasa yang mengonsumsi produk berbahan susu minimal 5 kali per minggu mendapat nilai yang lebih baik saat tes memori dibanding yang jarang mengonsumsinya. Di beberapa tes lain, mereka yang kurang asupan susu 5 kali lebih sering gagal daripada partisipan yang minum susu 2-4 kali seminggu.

Peneliti yakin bahwa kandungan nutrisi dalam susu, seperti magnesium, membantu mencegah hilang ingatan. Mereka menduga produk susu juga dapat menghindarkan tubuh dari penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Hal ini dapat membantu otak agar berfungsi dengan baik. Untuk mendapatkan manfaat ini, minumlah segelas susu setiap hari.

Namun, tidak semua pakar setuju dengan temuan yang dimuat di International Dairy Journal ini. KepadaDaily Mail, mereka mengatakan bahwa produk susu meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke karena tinggi lemak jenuh.


(Odi/Odi)/Detik



Tidak ada komentar:

Posting Komentar